Posted by: Indonesian Children | March 24, 2009

Penularan melalui menyusui mungkin tidak terjadi apabila ASI kaya dengan lemak omega-6

 

sumber : http://www.aidsmap.com/en/news/CCD2A8C0-7542-4D3C-8CC6-E37563B9EFAC.asp.

Villamor E et al. Long-chain n-6 polyunsaturated fatty acids in breast milk decrease the risk of HIV transmission through breastfeeding. Am J Clin Nutr 86: 682-689, 2007.

Perempuan with HIV tampak tidak akan menulari HIV apabila air susunya mengandung tingkat asam lemak (lemak tak jenuh) omega-6 tinggi, mungkin karena asam lemak mengurangi tingkat HIV. Para peneliti dari AS dan Tanzania melaporkan hal ini dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2007.

Air susu ibu (ASI) mengandung sekumpulan gizi yang penting untuk perkembangan bayi, di antaranya adalah asam lemak (polyunsaturated fatty acids/PUFA), yang berperan penting dalam perkembangan fungsi sel-T bayi yang baru lahir.

Menyusui secara eksklusif dianjurkan bagi ibu HIV-positif sampai bayinya berusia enam bulan, berdasarkan bukti dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ASI menyediakan perlindungan yang bermakna terhadap infeksi yang umum bagi – walaupun ASI tetap berisiko penularan HIV – apabila dibandingkan dengan pemberian susu formula.

Menentukan faktor apa yang mungkin membuat menyusui secara eksklusif lebih aman adalah prioritas penelitian yang penting, karena ketersediaan terapi antiretroviral (ART) untuk ibu selama menyusui untuk mengurangi penularan HIV, walaupun sangat melindungi, masih jauh dari kenyataan di banyak rangkaian.

Penelitian ini memasangkan 59 ibu yang menulari HIV pada bayinya melalui menyusui dalam penelitian yang lebih besar Tanzania, yang meneliti penularan dari ibu-ke-bayi, dengan 59 ibu yang tidak menulari HIV.

Contoh ASI dari setiap ibu dianalisis untuk mengukur tingkat asam lemak dan HIV. Tidak mengherankan ibu dalam kelompok yang menulari HIV mempunyai jumlah CD4 yang lebih rendah dan viral load yang lebih tinggi dalam ASInya, kedua faktor yang selalu dikaitkan dengan penularan HIV melalui menyusui dalam penelitian terdahulu.

Analisis multivariat menunjukkan bahwa ibu dengan ASI yang tinggi beberapa PUFA omega-6 berisiko lebih rendah secara bermakna terhadap penularan HIV melalui menyusui. Hubungan yang paling nyata adalah sesuai dengan asam arasidonik dan asam D-linolenik.

Ibu dalam kelompok dengan kwartil konsentrasi PUFA ini tertinggi berisiko terhadap penularan dari ibu-ke-bayi antara 76% dan 79% dari risiko yang diamati di antara ibu dengan kwartil konsentrasi PUFA ini terendah.

Para peneliti juga menemukan bahwa asam lemak trans (trans-fatty acid), ditemukan dalam lemak hidrogenat seperti margarin dan diketahui berbahaya bagi kesehatan kardiovaskular, sepertinya dikaitkan dengan peningkatan tingkat HIV sel bebas dan terkait dalam ASI, walaupun dampaknya tidak bermakna secara terkait sel kat hatan rhadap penularan melalui menyusui. hubungan an lebih tinggi dalam asinya, kedua faktorstatistik. Para peneliti berpendapat bahwa pada tingkat asupan makanan yang lebih tinggi – sebagaimana terlihat di Amerika Utara dan Eropa – lemak ini mungkin menunjukkan kaitan yang lebih kuat.

Pada stadium ini, peneliti mengatakan, tidak mungkin untuk membuktikan bahwa tingkat PUFA yang tinggi mengurangi HIV.

Tetapi, apabila PUFA memang mengurangi tingkat HIV, langkah selanjutkan tampaknya adalah penelitian yang menilai dampak suplemen makanan, penulis mengatakan. Penelitian untuk menentukan faktor yang mengarah pada keragaman ibu berdasarkan tingkat PUFA dalam ASI, misalnya genetik, juga akan diperlukan. Juga, penelitian tentang tingkat PUFA pada anak mungkin menunjukkan bahwa PUFA melindungi mereka terhadap penularan HIV dari ASI.

 

Supported by

FIGHT AGAINST  AIDS, SAVE  INDONESIAN CHILDREN

YUDHASMARA FOUNDATION

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE :62 (021) 70081995 – 5703646

Email : judarwanto@gmail.com

http://childrenhivaids.wordpress.com/

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com,

 

Copyright © 2009,  FIGHT AGAINST  AIDS, SAVE  INDONESIAN CHILDREN  Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: