Posted by: Indonesian Children | January 14, 2009

CARA MENGATASI PUTING TERBALIK

          

Puting terbalik

Dari Asuh Indonesia

Langsung ke: navigasi, cari

Apabila anda memiliki masalah puting terbalik/melesak (inverted nipple / flat nipple), periksakanlah payudara dan puting anda kepada dokter atau konsultan laktasi. Dengan perlakuan yang tepat dan persiapan yang matang, dan juga ketabahan hati, anda akan dapat menyusui bayi dengan sukses meskipun puting anda terbalik[1].

Bagaimana menguji bila anda memiliki puting terbalik atau tidak? Caranya begini. Tekanlah daerah aerola menggunakan jempol dan telunjuk, persis hingga bagian ujung puting. Jika ujung putting melesak keluar, meskipun sedikit, artinya puting anda tidak terbalik. Namun, jika ujing puting melesak ke dalam payudara, dan perlu diberikan perlakuan khusus. Kadang kala, puting yang menonjol ketika ditekan malah melesak ke dalam: fenomena ini dinamakan pseudoinverted nipples, dan juga perlu dirawat secara khusus.

Cara menanggulanginya adalah sebagai berikut. Selama hamil, gunakan breast shield beberapa jam sehari. Breast shields adalah mangkuk plastik yhang terdiri dari dua bagian untuk digunakan di dalam BH, menimbulkan tekanan untuk mengeluarkan putting.

Namun demikian, banyak pakar yang tidak terlalu yakin dengan manfaat breast shields.

Anda juga dapat menggunakan pompa ASI atau nipplet setiap kali sebelum menyusui untuk menarik puting ini keluar dan juga unutk membantu supaya bayi anda mudah menghisap. Apabila bayi menghisap dengan lancar, hisapan bayi akan menarik puting keluar.

Apabila anda memiliki puting terbalik atau puting rata, adalah penting pada hari-hari awal menyusui untuk memastikan bahwa bayi anda menghisap dengan baik. Sebaiknya datanglah ke klinik laktasi.

Yang patut diingat adalah bayi jangan sampai menghisap ujung puting saja. Bayi harus memasukkan seluruh puting termasuk aerolanya ke dalam mulutnya.

Pada dasarnya, hari-hari awal setelah melahirkan adalah proses belajar baik untuk ibu dan juga untuk bayi, yang memerlukan kesabaran dan ketabahan.

Supported  by

INDONESIAN BRESTFEEDING NETWORK (IBN)

Yudhasmara Foundation

Office ; JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 10210

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com,

https://supportbreastfeeding.wordpress.com/

 

 

 

 

Editor in Chief :

Dr WIDODO JUDARWANTO  SpA

email : judarwanto@gmail.com

 

 

Copyright © 2009, Indonesian  Breastfeeding Network  Information Education Network. All rights reserved.

 

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: