Posted by: Indonesian Children | January 14, 2009

PERSIAPAN IBU SEBELUM MELAHIRKAN

Persiapan Menyusui Menjelang Melahirkan

Yang terpenting dalam persiapan menyusui adalah mempersiapkan mental dan psikologi anda. Perawatan fisik payudara itu sendiri, tidak lah sepenting persiapan mental anda. Kami sarankan anda melakukan hal-hal berikut[1]:

  • Pilihlah dokter yang mendukung keputusan anda untuk menyusui. Tanyalah dokter apabilah mungkin untuk menyusui bayi secepat mungkin setelah melahirkan, khususnya apabila tidak terjadi komplikasi melahirkan. Diskusikan dengan dokter anda, pilihan obat penghilang rasa sakit yang paling cocok, karena obat ini mempengaruhi seberapa cepat anda bisa menyusui. Contohnya, Pethidine membuat ibu merasa mual dan membuat bayi menjadi agak teler sesaat setelah melahirkan.
  • Pilihlah rumah sakit yang mendukung menyusui, yaitu: mengizinkan ibu tidur di satu ruangan dengan anak (rooming-in), mengizinkan menyusui sesuai permintaan bayi (on-demand), tidak memberikan botol (susu formula, air glukosa, atau suplemen lainnya), dsb. Pastikan bahwa suster di rumah sakit itu tahu bahwa anda akan menyusui dan bayi anda tidak boleh diberikan susu botol. Bila perlu, mintalah dokter anda membuat surat khusus untuk suster baik dokter anda ataupun dokter anak
  • Hadirilah kelas-kelas persiapan kehamilan. Biasanya kelas ini mengajarkan teknik pernafasan untuk mengurangi rasa sakit melahirkan. Dengan teknik ini, kemungkinan anda perlu menggunakan penghilang rasa sakit akan berkurang. Pastikan kelas tersebut juga mengajarkan dasar-dasar menyusui.
  • Carilah informasi mengenai menyusui sebanyak mungkin: dari perpustakaan ataupun internet.
  • Pilihlah BH menyusui yang baik: memberikan support kepada payudara, dan juga cukup besar untuk melewatkan puting. Jangan gunakan BH yang terlalu ketat.
  • Jangan mencuci daerah puting dengan sabun, karena minyak naturalnya dapat larut dalam sabun. Apabila daerah putting kekurangan minyak dari kelenjar di sekitar puting, puting menjadi mudah lucu karena terlalu kering. Cukup mencuci puting dengan air saja. Melembabkan puting dengan minyak natural atau anhydrous lanolin (dapat diperoleh di apotek) bisa dilakukan. Jangan memberi vaselin kepada putting atau pelembab yang menggunakan bahan-bahan kimiawi.

Supported  by

INDONESIAN BRESTFEEDING NETWORK (IBN)

Yudhasmara Foundation

Office ; JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 10210

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com,

http://supportbreastfeeding.wordpress.com/

 

 

 

 

Editor in Chief :

Dr WIDODO JUDARWANTO  SpA

email : judarwanto@gmail.com

 

 

Copyright © 2009, Indonesian  Breastfeeding Network  Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: